Bingung Pilih Film di Netflix, Ini Tipsnya

Siapa sih yang tidak mengetahui Netflix? Ya, Netflix merupakan platform streaming film yang tercatat mempunyai belasan bahkan puluhan ribu film dari seluruh genre. Bahkan, banyaknya film yang ada pada platform ini membuat kita sering kali bingung untuk memilih film mana yang akan ditonton.

Tips Memilih Film di Netflix

Untuk menikmati pengalaman menonton film yang lebih menarik dan nyaman, Netflix menyediakan beragam fitur dan jenis film dari berbagai negara. Tentunya, hal ini juga akan memastikan para pelanggan menikmati beragam tayangan yang menghibur secara lebih optimal.

Meski demikian, tentunya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memilih film Netflix tanpa harus benar-benar kebingungan. Berikut tips yang bisa digunakan.

  1. Pencarian dengan kategori

Salah satu tips untuk mencari film yang sedang tayang di Netflix yakni dengan mencarinya menggunakan kategori tertentu. Laman platform streaming film ini sejatinya mendukung pencarian berdasarkan beberapa kategori seperti judul, aktor, bahasa, genre, hingga nama sutradara.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memilih rekomendasi film sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Adapun salah satu caranya yakni dengan meng-copy URL yang kamu mau, ganti bagian “code” dengan film yang Anda inginkan.

  1. Menelusuri filter

Anda juga dapat menelusuri film atau serial di Netflix dengan mudah menggunakan filter. Anda dapat memilih jenis tayangan film dan serial yang diinginkan, kemudian memberi filter dan menyaring daftar film yang diinginkan berdasarkan genre. Ada juga baris Kategori yang muncul jika kita melakukan pencarian.

Baris saran judul juga akan berubah sesuai kebiasaan menonton. Apabila ada kategori yang jarang dibuka seperti film horor, maka baris saran judul tersebut akan turun ke posisi yang lebih rendah. Jika melihat lewat browser, Anda juga dapat mencarinya melalui nomor kode genre film.

  1. Cari serial asli Netflix

Jika Anda kebingungan ingin mencari film atau serial, pilih saja serial original dari Netflix. Anda juga tidak usah repot mencari di daftar menu, kemudian ketik Netflix dan pilihlah serial yang menarik buat Anda. Platform ini sejatinya juga menyediakan berbagai serial asli dengan berbagai genre yang dapat dipilih sesuai dengan genre favorit Anda.

  1. Pilih trending atau recommended

Salah satu cara yang sejatinya sangat mudah dilakukan untuk memilih film yang akan ditonton yakni dengan memilihnya berdasarkan trending atau rekomendasi pada Netflix. Ya, Netflix memang sudah menyediakan fitur khusus untuk membantu kita memilih film atau serial yang sedang banyak diperbincangkan maupun yang sedang banyak direkomendasikan.

Fitur ini tentu saja sangat menarik karena Anda tidak perlu lagi mencari judul film yang saat ini sedang menjadi sorotan. Bahkan, buat Anda yang malas mencari-cari judul film atau serial, fitur rekomendasi ini juga akan sangat membantu.

  1. Memanfaatkan Netflix Roulette

Tahukah Anda, ada sebuah riset yang cukup menarik di mana pengguna Netflix biasanya akan menghabiskan 18-20 menit untuk mencari suatu film. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan fitur Netflix Roulette untuk memilih film berdasarkan kategori, kemudian fitur tersebut akan mulai mengacak dan memberikan rekomendasi sesuai kategori yang Anda masukkan.

Memaksimalkan Penggunaan Netflix

Selain cara di atas, tentunya kita juga dapat memaksimalkan kembali penggunaan Netflix dengan sejumlah cara sederhana. Cara-cara ini juga akan membantu kita dalam menonton film yang diinginkan sesuai kebutuhan. Berikut cara-cara yang dimaksud.

  1. Membuat profil pribadi

Cara ini dapat digunakan untuk memastikan agar tontonan yang kita inginkan tidak tercampur dengan yang lainnya. Oleh karena itu, buatlah profil pribadi, terlebih dalam satu akun sejatinya bisa digunakan sampai dengan 5 profil yang berbeda.

Adapun caranya juga cukup sederhana, yakni dengan klik “Kelola Profil”, kemudian pilih “Tambahkan Profil”. Selanjutnya, buat nama yang berbeda dari nama profil yang lain. Jangan lupa tambahkan foto profil untuk membuatnya berbeda dengan profil yang lain.

  1. Mengubah tampilan subtitle

Supaya lebih nyaman menggunakan Netflix, saat ini sudah tersedia layanan teks pada setiap tayangannya, terutama yang menggunakan bahasa asing. Teks terjemahan ini bahkan sudah tersedia untuk berbagai bahasa, baik bahasa Inggris, Prancis, bahkan Korea.

Supaya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita sebagai pelanggan, Anda juga dapat mengubah warna dan ukuran teks. Tampilan ini juga akan membuat penglihatan menjadi lebih nyaman sesuai dengan apa yang kita mau.

Untuk mengubah tampilan teks terjemahan ini, Anda dapat menyetelnya menggunakan pengaturan Akun dan memilih tampilan Subtitle. Dalam pengaturan tersebut terdapat beberapa pilihan untuk mengganti warna, latar belakang, jenis huruf, bahkan bayangan teks sesuai kebutuhan.

  1. Membuat daftar tontonan

Selain itu Anda juga dapat membuat profil sesuai dengan selera untuk menambahkan film maupun serial pada fitur “Daftar Saya”. Melalui fitur ini, para pelanggan dapat memiliki daftar pribadi yang memuat beragam tayangan untuk ditonton sesuka hati.

Cara melakukan pengelompokan ini juga sejatinya sangat mudah. Anda hanya perlu memilih film yang ingin ditonton kemudian klik “Tambahkan ke Daftar Saya” atau pada bagian “+ Daftar Saya”. Jika menggunakan PC atau laptop, arahkan saja kursor pada judul film yang akan dipilih lalu klik tanda plus (+) di bagian kanan atas.

Demikian beberapa tips menonton Netflix tanpa harus bingung memilih film yang diinginkan sekaligus memaksimalkan penggunaan Netflix untuk dapat menonton film secara maksimal. Semoga informasi kami bermanfaat!