Tips dan Trik Ibadah Haji Untuk Pemula

Bagi umat Islam, ibadah Haji adalah mimpi besar bagi pemeluk Islam. Hal tersebut karena ibadah Haji termasuk ke dalam rukun Islam. Oleh sebab itu banyak masyarakat Indonesia yang menabung agar bisa ibadah Haji.

Namun saat ini di Indonesia untuk melakukan ibadah Haji perlu mengantri hingga puluhan tahun. Tetapi Anda bisa mendaftarkan Haji Plus dimana hanya perlu menunggu 5 sampai 7 tahun. Dengan Biaya Haji Plus tahun 2023 mencapai 120 juta per-orang.

Tips dan Trik Saat Ibadah Haji

Bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah Haji ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Berikut akan kami jelaskan.

Pertama, persiapkan dokumen seperti visa Haji, paspor dan surat keterangan sehat dari dokter. Siapkan juga uang yang cukup untuk melunasi biaya haji dan perjalanan.

Kedua, persiapkan fisik dan mental sebelum berangkat Haji. Ibadah Haji dilakukan selama 40 hari dimana saat ibadah membutuhkan kondisi fisik yang baik.

Oleh karena itu lakukan olahraga dan pola makan yang baik sebelum melakukan ibadah Haji. Apalagi iklim di Indonesia dengan Arab berbeda sehingga perlu persiapkan imun yang kuat.

Ketiga, mencari informasi sebanyak mungkin tentang ibadah Haji dan perjalanan yang dilakukan. Anda bisa mencari sumber informasi dari buku-buku, cerita dari orang-orang yang sudah melaksanakan Haji lebih dulu atau internet.

Dengan mencari informasi tersebut calon jamaah Haji dapat mempersiapkan diri dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan selama perjalanan.

Keempat, mempersiapkan diri dengan belajar Bahasa Arab dasar. Meskipun tidak diwajibkan namun bisa membantu Anda dalam berinteraksi dengan penduduk sekitar.

Kelima, persiapkan diri dengan belajar sejarah dan makna dari setiap tempat yang nantinya dikunjungi oleh calon jamaah Haji. Dengan mengetahui sejarah tersebut maka dapat membantu dalam meresapi dan menghayati makna dari setiap tempat yang dikunjungi saat ibadah Haji nanti.

Keenam, persiapkan diri untuk belajar tata cara beribadah Haji seperti cara wukuf, thawaf dan sa’i. Dengan belajar terlebih dahulu tata caranya maka ketika menjalankannya akan tepat dan benar.

Ketujuh, menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan saat perjalanan ibadah Haji nanti. Dengan begitu saat sedang beribadah Haji nantinya saling memberikan semangat dan dukungan moral. Dengan demikian ibadah Haji tidak begitu terasa lelah karena para rekan-rekan saling mendukung.

Kedelapan, jaga budaya dan kesopanan saat sedang beribadah Haji. Ibadah Haji merupakan perjalanan spiritual yang penting pada Umat Islam dengan begitu sebaiknya menghormati dan jaga sopan santun agar lancar ibadah Haji-nya.

Kesembilan, persiapkan diri dengan membawa peralatan yang diperlukan selama ibadah Haji seperti siapkan peralatan mandi dan menggunakan sepatu yang nyaman saat ke Mekkah.

Itulah beberapa tips dan trik saat ibadah Haji bagi Anda yang baru pertama kali ke Mekkah supaya saat ibadah Haji menjadi lancar. Bagi Anda yang ingin segera melaksanakan Haji tanpa perlu mengantri lama bisa daftar Haji Plus, dimana Biaya Haji Plus kurang lebih 120 juta untuk tahun ini.

Baca juga : Begini 5 Tips Efektif Menghadapi Perubahan Bisnis

Tips Menjaga Kesehatan Saat Menjalankan Haji

Saat ibadah Haji salah satu yang harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan. Berikut akan kami jelaskan bagaimana tips supaya tetap menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah Haji.

Gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi

Mekkah memiliki cuaca rata-rata 39℃ saat siang hari, dengan begitu disarankan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang kuat dan tahan lama bisa menyebabkan luka ringan.

Dengan luka ringan bisa menyebabkan rasa panas dan sakit pada wajah dan tubuh. Oleh sebab itu Anda bisa gunakan tabir surya dengan kadar SPF 30 atau lebih. Dengan menggunakan tabir surya maka ibadah Haji akan lebih nyaman.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Indonesia dengan Mekkah memiliki perbedaan cuaca. Oleh sebab itu, maka calon jamaah Haji yang melakukan ibadah Haji sering terjadi heat stroke. Maka seringlah mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara minum air mineral sebanyak 2,5 hingga 3 liter per harinya. Disarankan juga membatasi konsumsi kafein seperti teh dan kopi yang membuat kehilangan cairan pada tubuh.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Perbedaan makanan dan cara memasak kadang menyebabkan permasalahan pada saluran pencernaan seperti diare sampai maag.

Oleh sebab itu ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti bila konsumsi minuman atau makanan dalam kemasan pastikan belum kadaluwarsa, hindari makanan yang mentah, konsumsi vitamin C, pilih makanan yang tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran supaya buang air besar lancar, dan selalu siapkan obat diare, maag, mual atau obat pencahar.

Menggunakan tetes hidung secara rutin

Perbedaan suku dan tingkat kelembapan dari Mekkah tidak sedikit jamaah Haji mengalami batuk pilek. Hal tersebut kadang mengganggu proses ibadah. Oleh karena itu sebaiknya gunakan tetes hidung untuk menjaga kelembapan pada hidung sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada daerah hidung.

Istirahat yang cukup

Ibadah Haji dilakukan di Kota Mekkah, dimana saat beribadah semua umat Islam di dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah Haji. Dengan tingkat fisik dan jumlah orang yang ditemui semakin bertambah maka tidak heran bila jamaah Haji sering mengalami batuk pilek dan pegal-pegal.

Oleh karena itu Anda bisa lakukan istirahat yang cukup selama 7 sampai 9 jam setiap harinya. Maka saat bangun tidur tubuh berasa lebih fit.

Membawa obat rutin pribadi

Bagi para jamaah Haji yang memiliki penyakit kronis seperti gula darah, darah tinggi, kolesterol, penyakit paru obstruktif kronis dan asma jangan lupa untuk membawa obat rutin pribadi.

Pastikan minum obat sesuai anjuran dokter supaya risiko penyakit tidak mengganggu saat sedang beribadah Haji. Anda juga bisa konsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh saat berkegiatan fisik dan terhindar dari penyakit menual.

Obat penunda menstruasi

Bagi jamaah Haji perempuan perhatikan siklus haid dimana untuk kelancaran ibadah Haji maka perlu gunakan obat untuk penunda menstruasi. Obat ini diminum saat 3 hari sebelum jadwal haid rutin. Obat tersebut dikonsumsi setiap hari, menstruasi akan terjadi ketika 2 sampai 3 hari konsumsi obat itu dihentikan.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat ibadah Haji. Dalam beribadah Haji tidak hanya perlu mengetahui tata cara Haji namun harus mengetahui rukun, ibadah wajib dan sunnah saat Haji. Rukun Haji terdiri dari enam yaitu Ihram, Wukuf di padang Arafah, Tawaf, Sa’I, mencukur rambut dan tertib.

Ibadah wajib pada Haji seperti Ihram mulai dari miqat, mabit di Muzdalifah pada malam hari raya haji, melontar tiga jumrah, mabit di Mina, Tawaf wada’, dan menjauhkan dari larangan yang diharamkan. Ibadah sunnah Haji seperti Ifrad, sholat sunnah thawaf sebanyak dua rakaat, Thawaf qudum dan Talbiyah.

Biaya Haji Plus tahun ini kisaran 120 juta, bagi Anda yang tidak ingin mengantri hingga puluhan tahun bisa mendaftarkan Haji Plus.