7 Tips Atasi Cantengan yang Belum Parah

Apakah kalian sering melakukan pemotongan kuku kaki terlalu pendek? Sering menggunakan sepatu yang sempit sehingga menekan pertumbuhan kuku? Lalu setalah itu kaki kalian terasa sakit, muncul kemerahan di sekitar kaki dan mengalami pembengkakan terutama seringnya di bagian jempol kaki.

Bisa jadi itu adalah pertanda Anda akan mengalami cantengan yang dalam dunia kesehatan lebih dikenal dengan istilah Paronychia. Jadi ini adalah sebuah kondisi dimana kuku kaki akan tumbuh ke dalam daging di area kuku dan ini akan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa di area kaki.

Cantengan sendiri tidak berbahaya jika tidak ada riwayat diabetes sebelumnya tapi cantengan akan menimbulkan rasa sakti yang luar biasa. Terutama saat menggunakan sepatu dan ini akan mengganggu aktivitas Anda. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat nanti bisa menimbulkan infeksi yang lebih parah lagi.

7 Cara Pengobatan untuk Cantengan Agar Tidak Parah

Cantengan tidak bisa dianggap remeh karena nanti bisa terjadi infeksi dan menyebabkan penyakit ini menjadi lebih parah karena untuk penyembuhannya harus ditangani oleh dokter dan mungkin bisa mengalami prosedur operasi untuk memotong kuku yang tumbuh di dalam daging.

Jadi sebelum cantengan semakin parah simak beberapa hal di bawah ini agar Anda tahu cara menanganinya sebelum semakin parah:

  1. Bersihkan kaki secara rutin dengan menggunakan air dan sabun

Pastikan selalu untuk menjaga kebersihan kuku kaki yang terkena cantengan dengan cara sering dilakukan pembilasan menggunakan air dan sabun. Lakukan secara perlahan agar rasa nyeri yang ditimbulkan tetap bisa ditahan.

Setelah itu jaga kaki agar tetap kering jangan dibiarkan lembab setalah dibersihkan dengan air dan sabun karena jika lembab kuman akan lebih betah untuk bersarang dan takutnya akan mengalami infeksi yang lebih parah

  1. Jangan gunakan sepatu yang terlalu ketat ataupun kaos kaki terlebih dahulu

Karena ada pembengkakan pada kaki yang terkena cantengan disarankan jangan menggunakan sepatu ataupun sandal yang menutup area, karena nanti bisa menimbulkan sakit yang lebih dan takutnya itu akan menginfeksi luka di cantengan tersebut.

Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan ketika kita menggunakan sepatu itu akan terasa sangat menyakitkan dan cukup menderita bagi Anda yang mengalami cantengan.

  1. Rendam kaki di air yang hangat dengan tambahan garam

Setelah melakukan aktivitas jika Anda mengalami cantengan pasti akan banyak kuman yang terkumpul dikaki belum lagi otot kaki akan terasa lebih lelah. Jadi disarankan untuk merendam kaki selama 15 sampai 20 menit sebanyak 3-4 kali sehari. Ini berfungsi untuk membunuh kuman-kuman, mengurangi pembengkakan, melemaskan kulit jari yang mengeras dan meredakan rasa nyeri.

Selain itu ini bisa berfungsi untuk merelakskan otot yang tegang di kaki juga akan memberikan rasa nyaman setelah Anda melakukannya karena garam dapat membantu mengeluarkan nanah dari kulit yang sedang mengalami cantengan.

  1. Oleskan salep yang ada antibiotik

Selanjutnya Anda bisa mengoleskan salep yang memiliki antibiotik untuk mengobati cantengan. Kandungan antibiotik akan membantu penyembuhan dari cantengan sekaligus mencegah infeksi. Penggunaan salep ini harus dengan kondisi jari yang bersih sehingga tidak ada bakteri lain yang masuk ke dalam luka cantengan akibat kondisi jari yang kotor.

  1. Melunakkan kuku dengan tea tree oil

Jika Anda memiliki tea tree oil di rumah ini juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan kuku yang mengeras karena cantengan. Dengan bantuan tea tree oil kuku yang mengeras di dalam daging dapat dibantu dilunakkan dan dikeluarkan. Kandungan tea tree oil ini dapat melawan infeksi akibat jamur yang menyebabkan nanah di jari kuku dan itu yang bisa menyebabkan infeksi.

  1. Menggunakan benang gigi

Mengobat cantengan bisa dilakukan dengan benang gigi juga atau yang biasa disebut dengan dental floss. Produk ini dapat membantu memisahkan kulit yang terinfeksi dengan kulit lalu ini akan mempermudah kalian untuk memotong kuku bagian dalam. Untuk menggunakan cara ini pastikan Anda menggunakan benang gigi yang tidak memiliki rasa sama sekali atau plan, tapi tetaplah berhati-hati sebelum menggunakannya.

  1. Balut jari dengan perban kasa

Terakhir, Anda tetap harus membalut jari kaki yang terkena cantengan dan ini juga merupakan salah satu cara untuk menyembuhkannya. Dengan membalutnya akan melindungi jari dari paparan bakteri yang dapat meningkatkan resiko infeksi lebih parah lagi. Selain itu perban kasa berguna untuk memisahkan kuku dan kulit secara perlahan sehingga yang tumbuh dapat dipotong.

Itulah beberapa cara untuk mengobati cantengan tapi jika sudah parah atau memang sudah terlalu mengganggu aktivitas disarankan untuk menghubungi dokter atau rumah sakti untuk dilakukan tindakan operasi.

Semakin cepat penanganan semakin cepat pula untuk penyakit cantengan disembuhkan dan terhindar dari infeksi lainnya. Untuk informasi seputar kesehatan lainnya bisa cek di Indonesiacendekia.ID.