4 Tips Mendapatkan Informasi Akurat di Internet

Dengan berkembangnya dunia digital dan internet sekarang ini, dunia maya dipenuhi dengan informasi yang sangat padat. Namun, padatnya informasi yang ada di dunia digital belum tentu semuanya benar, akurat dan tepat. Oleh karena itu, perlu adanya filter dari para pembaca untuk memilah-milih mana tulisan yang berguna, bermanfaat dengan kebenaran yang tepat dan akurat.

Tips Mencari Informasi yang Akurat di Google Search

Kebanyakan orang hanya mencari info di permukaan saja. Oleh karena itu, biasanya mereka akan mencari info yang mereka butuhkan di mesin pencarian seperti Google hanya dengan keyword yang simple yang terdiri dari 3 kata saja. Contohnya adalah “informasi akurat tepat”.

Keyword ini tentu kurang fokus dan masih terlalu umum. Agar menemukan informasi yang lebih akurat, sebaiknya gunakan keyword dengan 5 kata hingga 7 kata. Contoh keyword “cara menemukan informasi akurat dan tepat”.

Hasil dari pencarian Google pasti akan berbeda dari pencarian 3 kata keyword dengan 5 kata keyword. Mesin pencari seperti Google akan menganggap keyword dengan 5 kata lebih spesifik sehingga akan menampilkan informasi yang lebih tepat yang sedang Anda cari.

Cara Memilah-milih Artikel yang Akurat dan Tepat

Semenjak boomingnya internet, kepadatan informasi menjadi sangat overload! Tidak heran, banyak sekali informasi yang salah kaprah yang tersebar diluar sana. Ini terjadi karena penyebaran informasi yang sangat cepat dan dapat dilakukan dengan mudah.

Dulu mungkin hanya sebagian orang saja yang dapat menyebarkan informasi, contoh seperti media berita di koran, atau mungkin televisi dengan penyiaran visualnya. Akan tetapi, sekarang ini orang sudah lebih mudah memiliki akses untuk penyebaran informasi.

Apalagi dengan adanya social media, informasi yang tersebar menjadi semakin kompleks dan semakin sulit untuk mencari kebenaran dan keakuratan informasi dari informasi yang Anda dapatkan.

Nah, untuk memilih artikel dengan informasi yang akurat ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Pastikan website tersebut kredible

Jika Anda mendapatkan informasi dari website, maka Anda harus pastikan bahwa website tersebut adalah website yang kredibel. Sebagai contoh ketika Anda membaca sebuah judul berita yang terlalu “click bait”, Anda harus membaca keseluruhan artikelnya dan cari tahu di website mana artikel tersebut dipublish.

Misalnya Anda sedang membaca berita tentang kecelakaan masal di Jakarta, Anda harus cek apakah website tersebut adalah website berita yang sudah kredibel?

  1. Pastikan orang tersebut dipercaya

Kedua, jika Anda mendapatkan informasi dari social media, maka Anda harus pastikan bahwa orang tersebut dapat dipercaya.

Maksudnya disini, Anda harus cari tahu track record dari orang tersebut. Jika track record orang atau figure tersebut baik dan dapat dipercaya, maka Anda bisa setengah percaya pada informasi yang diberikan. Setengahnya lagi, Anda bisa langsung cross check di tempat lain untuk kebenaran informasi yang diberikan orang tersebut.

  1. Cross check informasi yang didapatkan dengan membaca di tempat lain

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pastikan untuk cross check informasi di tempat lain untuk mengetahui kebenaran informasi yang Anda dapatkan.

Jika Anda menemukan banyak website berita kredibel yang juga memberitakan info yang Anda dapatkan, maka Anda dapat mempercayai berita tersebut. Namun, jangan asal percaya, selalu cross check di banyak tempat agar Anda tidak termakan berta hoax dengan mudah.

  1. Cari Informasi dari Website Resmi

Jika Anda mendapatkan informasi tentang suatu instansi, pastikan Anda mendapatkan info tersebut dari website atau media resmi instansi tersebut. Contohnya yang vital kemarin-kemarin, ada banyak pengguna WhatsApp yang dikirimi aturan terbaru terkait perubahan biaya bulanan administrasi rekening BRI menjadi 150 ribu rupiah.

Jika Anda termasuk orang yang mendapatkan kiriman ini, bisa dipastikan info tersebut hoax karena selain akun yang membagikan info tersebut bukan bagian resmi instansi BRI, BRI sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa info tersebut hoax.

Nah, itulah beberapa tips untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya. Pastikan untuk selalu membaca artikel dengan informasi yang akurat di website yang dapat dipercaya. Jika Anda belum menemukan website tersebut, maka Anda bisa langsung kunjungi IndoSuggest sebagai wadah informasi yang akurat, tepat dan terpercaya.